Krisis Politik Belarusia, AS Sebar Pasukan di Perbatasan Lithuania


 


VILNIUS - Pasukan serta tank Amerika Serikat (AS) akan datang di Lithuania untuk peletakan semasa dua bulan di dekat tepian Belarusia. Tetapi pemerintah Lithuania menjelaskan cara itu bukan untuk pesan untuk tetangganya yang dibantu Rusia, dimana tindakan protes atas pemilu yang disengketakan terus bersambung.

Ayam Birma Pengimbang Ayam Siam

Dalam informasi pada Rabu malam, Lithuania menjelaskan pasukan AS akan dipindah dari Polandia untuk latihan militer yang sudah diperkirakan awalnya.


"Ini berbentuk protektif serta tidak diperuntukkan pada tetangga mana juga, termasuk juga Belarusia," jelas informasi itu ibarat dikutip dari Reuters, Jumat (4/9/2020).


Tetapi, pasukan AS itu datang lebih dini serta tinggal semakin lama dari yang diperlihatkan pemerintah Lithuania sebelum meletusnya protes di Belarusia semasa pemilu 9 Agustus yang kembalikan Presiden Alexander Cederashenko, sekutu penting pimpinan Rusia Vladimir Putin, ke tampuk kekuasaan.


Cederashenko menyanggah dakwaan oposisi Belarus serta beberapa negara Barat jika pengambilan suara itu diakali serta menampik tuntutan demonstran untuk mundur. Sebaliknya, dia mendakwa NATO lakukan penimbunan militer di dekat tepian Belarusia serta menjelaskan ia akan minta pertolongan militer Rusia bila dibutuhkan. NATO menyanggah tuduhan itu.


Mobilisasi militer di Lituania, yang akan diawali Jumat ini serta akan berjalan sampai November, termasuk juga 500 tentara AS serta 40 kendaraan, seperti tank Abrams serta pengangkut pasukan lapis baja Bradley, kata seorang jubir angkatan darat Lithuania.


Pada 29 Juli, Menteri Pertahanan Lithuania Raimundas Karoblis menjelaskan pada BNS wire jika AS akan kirim tim pasukan seukuran gagalion - di antara 300 sampai 1.000 tentara - di bulan September, untuk training dua minggu, diawali pada tengah bulan.


Ia mengulang info itu pada 4 Agustus dalam satu interviu dengan radio publik LRT.


"Mobilisasi sesuai dengan agenda training serta tersedianya tempat training," jelas jubir Menteri Pertahanan Vita Ramanauskaite menjelaskan pada Reuters.


Kecuali peletakan AS, sampai 1.000 tentara serta pesawat militer dari Prancis, Italia, Jerman, Polandia, serta yang lain akan ambil sisi dalam latihan tahunan pada 14-25 September, kata jubir militer Lithuania.


Kementerian itu tidak mengatakan gagasan apa saja buat pasukan itu untuk tinggal sesudah 25 September. Tetapi Karoblis menjelaskan awal bulan ini jika ada bahaya riil Rusia akan kirim pasukan ke Belarusia.

Postingan populer dari blog ini

Epigenetic and social factors both predict aging and health

The Dominique-Strauss Kahn scandal

Deeper knowing