Rusia Kerahkan 8 Jet Tempur untuk Cegat 3 Pembom AS di Dekat Crimea


 


MOSKOW - Militer Rusia mengeluarkan delapan jet tempur untuk mencegat tiga pesawat pembom Amerika Serikat (AS) yang dekati Crimea di hari Jumat. Misi Washington unjuk kemampuan militer di atas daerah udara Ukraina itu adalah penerbangan langka.

Ayam Birma Pengimbang Ayam Siam

Kementerian Pertahanan Rusia menjelaskan faksi kontrol daerah udara mengetahui tiga pesawat pembom taktiks B-52H Angkatan Udara AS dekati tepian negara di hari Jumat. Sekitar empat jet tempur Su-27 serta empat jet tempur Su-30 secara cepat dilesatkan, serta menjaga tiga pesawat Amerika menjauh dari daerah udara Rusia.


"Pelanggaran tepian negara Asosiasi Rusia oleh pesawat Amerika tidak dibolehkan," bunyi pengakuan Kementerian Pertahanan Rusia yang dikutip Russia Today, Sabtu (5/9/2020). (Baca: Jet Tempur Rusia Cegat Pembom B-52 AS dalam Jarak 30 Mtr., Pentagon Geram)


Laporan media Moskow itu memberikan tambahan saat tiga pesawat pembom AS terbang di atas daerah udara Ukraina, sebagian besar kapal dan pesawat pengumpul intelijen Amerika serta Inggris bersembunyi di atas daerah udara Ukraina serta di Laut Hitam. Tindakan itu memperlihatkan jika pesawat-pesawat pembom B-52 terindikasitelah mengetes radar serta pertahanan udara Rusia di atas Crimea, daerah yang sudah sisi dari Rusia sesudah referendum pada Maret 2014.


Strategi seperti itu biasa berlangsung semasa Perang Dingin, tapi semakin lebih jarang-jarang di jaman kekinian.


Kecuali mengendus situs radar serta skema pertahanan rudal, penerbangan ke-3 pembom AS peluang ditujukan untuk unjuk kemampuan, dengan arah untuk memperlihatkan suport AS untuk Ukraina.


Komando Eropa-AS mengaku misi ke-3 pesawat pembom memiliki kemampuan nuklir itu pada Jumat malam. Menurut komando itu, ke-3 pesawat pembom Amerika masuk dengan jet tempur Ukraina. "Misi itu memberikan Ukraina training udara yang bernilai, serta memperlihatkan kekuatan AS serta NATO untuk menepis Rusia dan memberikan keyakinan sekutu serta partner," kata Komando Eropa-AS dalam tayangan wartawan. (Simak juga: Hebat! Pesawat Tempur F-16 TNI AU Dapat Tembak 4 Sasaran Sekaligus juga Tanpa ada Melihat)


Hubungan di hari Jumat bukan kejadian yang terisolasi. Jet-jet tempur Rusia terbang kurang dari dua pekan kemarin untuk mencegat penerbangan B-52 yang lain di atas perairan netral Laut Hitam.


Baik AS serta Rusia saling sudah membuat latihan perang di seputar teritori itu belakangan ini. Angkatan Darat AS mengawali latihan tempur artileri di daerah yang memiliki jarak 70 km dari tepian di Estonia minggu ini, beberapa waktu sesudah Rusia membuat latihan tempur Angkatan Laut di Laut Bering.

Postingan populer dari blog ini

Epigenetic and social factors both predict aging and health

The Dominique-Strauss Kahn scandal

Deeper knowing